1. |
Menguasai konsep dasar ilmu kebidanan, asuhan kebidanan dan etika profesi dengan memperhatikan aspek budaya; |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious; |
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan memilih beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dalam pelayanan dan asuhan kebidanan berdasarkan analisis data; |
Mampu melakukan asuhan kebidanan pada masa kehamilan, persalinan normal, pasca persalinan normal, bayi dan balita normal, sesuai standar kompetensi bidan vokasi dengan memperhatikan aspek budaya yang diwujudkan dalam praktik komplementer
|
2. |
Menguasai konsep dasar ilmu obstetrik dan ginekologi; |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur sesuai dengan standar prosedur operasional dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan; |
Mampu mengidentifikasi penyimpangan/kelainan pada kasus kehamilan, persalinan, pasca persalinan, bayi baru lahir, bayi dan balita dengan memperhatikan aspek budaya yang diwujudkan dalam praktik komplementer
|
3. |
Menguasai konsep teoritis anatomi fisiologi; |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
Mampu memecahkan masalah dalam pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi, kewenangan yang berbasis bukti ilmiah dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri; |
Mampu mendemonstrasikan penanganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal sesuai standar mutu yang berlaku
|
4. |
Menguasai konsep dasar mikrobiologi, kimia, fisika, biokimia dan farmakologi; |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa |
Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan; |
Mampu melakukan pemberian kontrasepsi oral dan suntik sesuai standar operasional prosedur yang berlaku dan kode etik profesi dengan mempertimbangkan aspek budaya setempat.
|
5. |
Menguasai konsep teoritis ekologi manusia, psikologi perkembangan, ilmu sosial, antropologi kesehatan yang berkaitan dengan siklus reproduksi perempuan secara umum dengan memperhatikan aspek budaya; |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
Mampu bekerja sama, berkomunikasi teknis dan prosedural dalam pekerjaannya; |
Mampu mendemonstrasikan pencegahan infeksi, pasien safety dan upaya bantuan hidup dasar
|
6. |
Menguasai konsep dasar ilmu gizi dalam siklus reproduksi perempuan; |
Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
Mampu melakukan pencatatan asuhan kebidanan sesuai sistem rekam medis yang berlaku
|
7. |
Menguasai konsep dasar, prinsip dan teknik bantuan hidup dasar (Basic Life Support) dan pasien safety; |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; |
Mampu melaksanakan promosi dan KIE yang terkait dengan kesehatan ibu, anak dan KB dengan menggunakan media yang sudah dirancang oleh institusi dengan memperhatikan aspek budaya setempat
|
8. |
Menguasai metode, teknik dan pengetahuan procedural dalam asuhan kebidanan pada kehamilan, persalinan, pasca persalinan, bayi baru lahir, bayi dan balita serta kontrasepsi dengan memperhatikan aspek budaya yang diwujudkan dalam praktik komplementer; |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarism. |
|
9. |
Menguasai konsep dasar kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan perempuan, ibu dan anak dengan memperhatikan aspek budaya yang diwujudkan dalam praktik komplementer; |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|
|
10. |
Menguasai pengetahuan faktual tentang jenis, tanda, gejala, penyakit-penyakit umum dan infeksi pada kehamilan, persalinan, post partum, bayi baru lahir, bayi dan balita; |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; |
|
|
11. |
Menguasai pengetahuan faktual tentang hukum peraturan perundang-undangan dalam praktik kebidanan dengan memperhatikan aspek budaya; |
Menjalankan praktik kebidanan secara professional sesuai kewenangan berlandaskan kode etik profesi |
|
|
12. |
Menguasai konsep teoritis ilmu komunikasi dalam asuhan kebidanan secara umum dengan memperhatikan aspek budaya |
|
|
|