FIELD TRIP PRAKTIKUM MATA KULIAH KONSEP DASAR REKAM MEDIS, SISTEM MANAJEMEN MUTU, DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN MAHASISWA PRODI DIII RMIK DI RS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG



30 Nov 2023




Kegiatan field trip dalam upaya mendukung keunggulan Prodi Diploma Tiga Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK), yatitu tentang pengelolaan rekam medis berbasis digital serta sejalan dengan regulasi terbaru rekam medis elektronik, sehingga mahasiswa diharapkan memiliki bekal lebih terkait rekam medis elektronik. Prodi DIII RMIK menyelenggarakan kegiatan praktikum mata kuliah Konsep Dasar Rekam Medis, Sistem Manajemen Mutu, dan Pembiayaan Kesehatan di RS Universitas Muhammadiyah Malang yang yang sudah menerapkan penyelenggaraan rekam medis elektronik dengan berbagai pelayanan medis yang melekat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 15 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Prodi DIII RMIK semester I,II dan III sejumlah 135 orang.

 

Materi yang didapatkan di RS Universitas Muhammadiyah Malang adalah Penerapan sistem pendaftaran pasien dengan rekam medis elektronik, Penerapan sistem penjaminan pasien dengan rekam medis elektronik , Penerapan asuhan pasien oleh PPA menggunakan rekam medis elektronik,  Perancangan sistem informasi manajemen rumah sakit dengan rekam medis elektronik dan Autentikasi pada rekam medis elektronik. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tampak antusias dan tertarik  selama mengikuti kegiatan dilihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya mengenai pelayanan di Instalasi Rekam Medis yang dilaksanakan di RS Universitas Muhammadiyah Malang. Mahasiswa juga didampingi pembimbing untuk touring di RS Universitas Muhammadiyah Malang sebagai gambaran nyata dari materi yang disampaikan.