Workshop Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Tahun 2023 Center of Excellent (CoE) Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta



18 Dec 2023




Program Center of Excellence (CoE) Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta selama tahun 2023 telah melaksanakan 6 kali kegiatan. Kegiatan pertama adalah workshop penyusunan Instrumen Deteksi Dini Risiko Kebidanan (IDDRK) untuk menurunkan AKI, AKB, dan stunting. Kegiatan kedua adalah pelatihan pembuatan media dan alat peraga pembelajaran. Kegiatan ketiga berupa workshop pembuatan modul kader dan modul pembimbing praktik dalam deteksi dini risiko kebidanan untuk menurunkan AKI, AKB dan stunting. Adapun kegiatan keempat berupa benchmarking ke COE Poltekkes Tanjung Karang. Kegiatan kelima adalah workshop peningkatan pembimbing praktik dan deteksi dini risiko kebidanan. Kegiatan keenam berupa pengabdian kepada masyarakat (pengabmas) dengan pemicuan desa literasi sadar stunting dan penurunan AKI AKB. Adapun kegiatan terakhir atau kegiatan ketujuh dalam Program Center of Excellence (CoE) selama tahun 2023 adalah monitoring dan evaluasi progam CoE.

Workshop “Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Tahun 2023” ini dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, 11 dan 12 Desember 2023 di Tawangmangu Jawa Tengah. Kegiatan ini   bertujuan  untuk memperoleh informasi tentang status perkembangan suatu program/kegiatan COE, mengidentifikasi permasalahan yang timbul, merumuskan tindak lanjut yang dibutuhkan dan menilai pencapaian sasaran, tujuan, dan kinerja masing-masing program.

Kegiatan workshop berupa pemaparan laporan oleh masing-masing Person In Charge (PIC) 6 kegiatan Center of Excellence (CoE) Pendidikan Profesi Bidan Polkesyo yang sudah dilaksanakan selama tahun 2023. Workshop ini dibuka oleh direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Dr Iswanto,SP.d,M.Kes. Hadir pula dalam kegiatan ini, bapak Dr. Akemat,S.KP,M.Kep dari Jajaran Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes.

Workshop ini diikuti  oleh seluruh civitas di Jurusan Kebidanan yang terdiri  dari Dosen, Pranata Laboratorium  Pendidikan (PLP), dan petugas administrasi sejumlah 45 orang.