STUDI BANDING HMPS D3 RMIK 2024



14 Mar 2024




Salah satu program kerja Organisasi Mahasiswa Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta adalah mengadakan kegiatan Studi Banding 2024. Studi Banding dilaksanakan dengan tujuan untuk bertukar pikiran dan meningkatkan eksistensi Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Sabtu Kliwon, 09 Maret 2024 telah dilaksanakan Studi Banding HMPS DIII RMIK 2024 secara luring dengan tema “Bangun Relasi Perkuat Kolaborasi Demi Wujudkan Organisasi yang Bersinergi dan Terkini”.  Studi Banding HMPS DIII RMIK 2024 dilaksanakan bersama Medical Record Family Universitas Gadjah Mada. Kegiatan studi banding ini diikuti oleh 25 anggota HMPS DIII RMIK Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan 20 anggota Medical Record Family UGM, yang didampingi oleh dosen pembina dari HMPS D3 RMIK dan MRF UGM.

Acara dimulai pukul 09.15 WIB yang diawali pembukaan oleh Muhamad Fachri Novridho dan Laili Tanzila selaku MC. Acara kemudian dilanjut dengan pembacaan do’a, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UGM, dan Hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, lalu dilanjut dengan laporan ketua acara, sambutan ketua HMPS dan dosen pembina DIII RMIK, lalu sambutan dari ketua MRF UGM.

Acara inti pada kegiatan Studi Banding ini yaitu penyampaian program kerja dan pengenalan organisasi oleh ketua masing-masing organisasi. Proses tersebut berlangsung selama 40 menit, diikuti dengan sesi tanya jawab antar organisasi. Selanjutkan dilakukan sesi diskusi antar divisi dari HMPS DIII RMIK dan MRF yang memiliki kesamaan tugas pokok dan fungsi dalam menjalankan kinerja organisasi. Sebelum memasuki sesi diskusi diselingi dengan ice breaking untuk menciptakan suasana yang santai.

Acara terakhir yaitu pemberian plakat kepada MRF UGM yang kemudian dilanjutkan penutupan oleh MC. Setelah itu dilakukan tour kampus dan dokumentasi. Acara berlangsung dengan baik. Output yang didapatkan adalah bertambahnya wawasan tentang berorganisasi dengan baik.