SEMINAR NASIONAL KEBIDANAN IKATAN BIDAN INDONESIA (IBI) RANTING POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA 2023



29 Nov 2023




Seminar nasional kebidanan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2023 dilaksanakan pada hari Sabtu Kliwon, 25 November 2023 secara daring melalui zoom meeting room. Seminar nasional ini bertujuan untuk menambah ilmu dan memperluas wawasan mengenai transformasi pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui pengembangan profesionalisme bidan. Tema yang diangkat dalam seminar nasional IBI Ranting Polkesyo adalah “Transformasi Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Melalui Pengembangan Profesionalisme Bidan”

Materi yang disampaikan dalam kegiatan seminar nasional ini tentang “Continuing Professional Development (CPD) Bidan sebagai Implikasi dari Ditetapkannya UU Kesehatan No. 17 tahun 2023” yang disampaikan oleh Ketua PP IBI, yaitu Dr. Ade Jubaedah,S.SiT,MM,MKM, materi kedua tentang “Tatalaksana Preeklamsia Pada Pelayanan Kebidanan dalam Upaya Menurunkan Morbiditas Mortalitas Ibu” yang dipaparkan dr. Irwan Taufiqur Rachman, SpOG(K) dan materi terakhir tentang “Asuhan Kebidanan Pada KB Pasca Salin Dengan Menerapkan Model Promosi Kesehatan Berbasis Continuum Of Maternal Care” oleh Dr. Yani Widyastuti,S.SiT.,M.Keb.

 

Peserta seminar nasional adalah bidan-bidan yang berasal dari berbagai wilayah diantaranya dari Papua dan Papua Barat, Kalimantan, Sumatera, Bangka, Sulawesi, NTT, Jawa Timur, Jawa Tengan dan DIY, dengan jumlah peserta 229.