PENUTUPAN PRAKTIK KULIAH LAPANGAN (PKL) MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG BEKERJASAMA DENGAN JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA DI KALURAHAN TIMBULHARJO SEWON BANTUL



08 Oct 2023




Penutupan kegiatan PKL mahasiswi jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang (Polkesbang) dilakukan pada Kamis, 21 September 2023 di GOR Kalurahan Timbulharjo Sewon Bantul. Kegiatan PKL ini telah berlangsung selama 3 minggu dimulai tanggal 4 September 2023. Kegiatan PKL yang diikuti oleh 174 mahasiswa Polkesbang dilakukan di 3 dusun di wilayah Kalurahan Timbulharjo (Sewon, Kowen I, dan Mriyan).

Mahasiswa telah melaksanakan dan menggiatkan beberapa kegiatan di wilayah masih-masing sesuai dengan prioritas masalah antara lain penyuluhan mengenai deteksi dini kanker payudara dengan SADARI, deteksi dini kanker serviks dengan IVA/Pap-smear berkolaborasi dengan Puskesmas Sewon I, penyuluhan kesehatan reproduksi dengan posyandu remaja, dan penyuluhan serta penjaringan KB. Selain itu, mahasiswa juga aktif mengikuti kegiatan di masyarakat.

 

Acara penutupan dihadiri oleh Panewu Kapanewon Sewon, Lurah Kalurahan Timbulharjo, Kapolsek Sewon, Dandim Sewon, Kepala Puskesmas Sewon I, Jajaran dosen Polkesbang dan Polkesyo. Selain itu, terdapat serah terima kenang-kenangan yang diberikan oleh mahasiswa Polkesbang kepada Desa, Dusun, Polsek, Puskesmas, RT, Polkeyo. Acara berlangsung secara khidmat dan lancar.