Pemicuan Desa Literasi Stunting dan Penurunan AKI AKB Center of Excellence (CoE) Prodi Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta



25 Oct 2023




Workshop pemicuan desa literasi stunting dan penurunan AKI AKB CoE Prodi Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dilaksanakan pada Rabu Wage/ 25 Oktober 2023 pk.08.00-13.00 WIB di Joglo Bu Marjuki Coffee Resto and Family Home Stay, Jl. Samigaluh-Loano, Nguntuk-untuk, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo. 

Kegiatan diikuti 150 orang peserta yang terdiri dari kader kesehatan ibu dan anak, kader kesehatan reproduksi dan kader kesehatan remaja dari kalurahan Ngargosari, Gerbosari, Sidoharjo dan Purwoharjo, tim pembina dari Puskesmas Samigaluh 1, pemangku wilayah dan tokoh masyarakat dari Kapanewon Samigaluh. 

Pada kegiatan ini sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara Kapanewon Samigaluh dengan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dilanjutkan dengan launching desa literasi stunting oleh direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Panewu Samigaluh yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY dan seluruh undangan instansi terkait.

Workshop dengan 4 narasumber yaitu:

1. Kepala Dinas Kesehatan DIY dengan topik Kebijakan Dinkes DIY tentang Penurunan AKI, AKB dan Stunting

2. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dengan topik Peran dan Strategi Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo untuk Pencegahan dan Penurunan Stunting.

3. Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo dengan topik Program Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam menurunkan AKI, AKB dan Stunting

4. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Kabupaten Kulon Progo dengan topik Implementasi Program BKKBN dalam Penurunan Stunting di Kulon Progo.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi dan simulasi IDDRK (Instrumen Deteksi Dini Risiko Kebidanan). Instrumen ini merupakan instrumen yang dapat digunakan kader dalam mendeteksi kasus kebidanan dan stunting yang disusun oleh tim dari Jurusan kebidanan Poktekkes Kemenkes Yogyakarta.