KULIAH UMUM RMIK “LETS GROW UP IN DIGITAL HEALTH TRANSFORMATION” PROGRAM STUDI DIII REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA 2024



18 Mar 2024




Kuliah Umum Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2023 dilaksanakan pada hari Senin Kliwon, 4 Maret 2024 secara daring melalui zoom meeting. Kuliah umum ini diselenggarakan dengan tujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan di bidang digital terutama bagi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan serta memahami peran seorang PMIK dalam mendukung Program Satu Sehat Kementerian Kesehatan. Tema dalam kuliah umum ini adalah “Lets Grow Up in Digital Health Transformation”

Kuliah umum ini dipandu oleh moderator Nita Budiyanti, AMd. MIKRM, SKM, MH yang juga sebagai dosen di Prodi D3 RMIK Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta mengadirkan para narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Suhartono, AMd.PK, Skom sebagai narasumber pertama. Narasumber pertama ini merupakan software developer di CV. Sahabat Mediacom dan aktif di berbagai kegiatan pengembangan SIMRS sejak 2006. Pria lulusan D3 RMIK UGM ini menyampaikan tips dan trik serta pengalaman beliau sebagai pemilik perusahaan dalam pengembangan Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia yang berfokus pada pengembangan produk SIMRS sahabat. Narasumber kedua adalah Timor Utama, S.Kom, MM.SI yang menjabat sebagai Ketua Tim Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Peserta seminar nasional adalah mahasiswa RMIK yang berasal dari berbagai perguruan tinggi serta praktisi PMIK di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia yang berjumlah 97 orang serta dihadiri oleh peserta internal yaitu mahasiswa dan dosen serta civitas akademika yang berjumlah 269 peserta.