FIELD TRIP PRAKTIKUM MATA KULIAH ASKEB KEGAWATDARURATAN MATERNAL NEONATAL DAN MATA KULIAH TEKNOLOGI TEPAT GUNA MAHASISWA SEMESTER LIMA (V) PRODI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN DI RSAB HARAPAN KITA JAKARTA



26 Sep 2023




Kegiatan field trip dalam upaya mendukung misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk mencetak bidan yang profesional termasuk siap dalam kegawat daruratan maternal neoanatal dan mampu menerapkan teknologi tepat guna, Prodi Sarjana Terapan Kebidanan menyelenggarakan kegiatan praktikum mata kuliah Askeb kegawatdaruratan maternal neonatal dan mata kuliah teknologi tepat guna di RSAB Harapan Kita, Jakarta yang mempunyai program inovatif/unggulan dalam Kesehatan ibu dan anak. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis 14 September 2023 di RSAB Harapan Kita. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Kebidanan semester V sejumlah 46 orang.

Materi yang didapatkan di RSAB Harapan Kita adalah cara melakukan deteksi dini dan penanganan kegawatdaruratan menerapkan teknologi tepat guna pada kasus maternal dan neonatal yang relevan, dan mampu melakukan penilaian pasca kegawatdaruratan meliputi Asuhan kegawatdaruratan pada kehamilan, persalinan, pasca persalinan, BBL & neonatus, nifas, penggunaan teknologi tepat guna pada pelayanan kehamilan, persalinan, nifas dan BBL. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tampak antusias dan tertarikselama mengikuti kegiatan dilihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya mengenai prosedur dan teknologi yang digunakan di RSAB Harapan Kita. Mahasiswa juga didampingi pembimbing untuk touring RSAB Harapan Kita sebagai gambaran nyata dari materi yang disampaikan.