Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

A. Hasil Penelitian Dosen

Kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh dosen tetap semakin berkembang dan berkontribusi pada pengembangan keilmuan kajian-kajian bidang kesehatan. Penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa juga semakin berkembang dan telah mampu berkompetisi di tingkat nasional baik dalam kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) maupun kompetisi karya ilmiah nasional. Penelitian yang dilakukan dosen untuk mengkaji peristiwa-peristiwa kekinian dan dianalisa dengan pendekatan-pendekatan kekinian menyesuaikan dengan perkembangan pendekatan keilmuan dibidang kesehatan. Spesifikasi kajian dan penelitian yang memfokuskan pada fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kesehatan di masyarakat.

Sebagian besar dosen (90%) di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta setiap tahun telah melakukan kegiatan penelitian. Kegiatan ini akan menambah wawasan dosen dan menunjang kelancaran dalam melaksanakan kegiatan PBM. Hasil penelitian menjadi bahan pengkayaan pada topik pembelajaran. Selama 3 tahun, cukup banyak dosen yang aktif melakukan penelitian minimal sekali dalam satu tahun. Jumlah dana penelitian dosen tetap pada masing-masing Program Studi di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta  sudah mencukupi.

Tabel 3.3 Jumlah Judul dan Dana Penelitian Prodi D III Kebidanan yang Dilakukan oleh Dosen Tetap dalam Tiga Tahun Terakhir

No. Program Studi Jumlah Judul Penelitian
2016 2017 2018
1 DIII Kebidanan 7 7 7
Total 7 7 7

B. Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Program Pengabdian kepada masyarakat juga telah dilaksanakan oleh dosen-dosen tetap Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta  kepada masyarakat di lingkup DIY menyesuaikan kompetensi dan kebutuhan dari masyarakat sasaran program pengabdian kepada masyarakat. Aktifitas pengabdian kepada masyarakat juga telah dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta  baik yang diwadahi dalam kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) maupun dari lembaga-lembaga mahasiswa di tingkat Program Studi untuk masyarakat di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen cukup optimal. Setiap dosen aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat. Topik pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen selaras dengan visi dan misi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Topik kegiatan Pengabdian kepada masyarakat pada umumnya membantu masyarakat atau instansi pemerintah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

Tabel 4.4 Jumlah Judul dan Dana Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat yang Dilakukan oleh Dosen Tetap Prodi D III Kebidanan

No.

Program studi Jumlah Judul Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada masyarakat
2016 2017

2018

1 DIII Kebidanan 21 14 21
  Jumlah 21 21 21